Kamis, 11 Desember 2008

Pemuda Indonesia


Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara

Masa yang akan datang kewajibanmu lah

Menjadi tanggunganmu terhadap nusa

Masih ingat lagu itu?
Lagu Perjuangan ciptaan A.Simanjutak itu adalah sebuah penghormatan sekaligus harapan bagi Pemuda Indonesia. Karena dalam sejarah Indonesia, peran pemuda sangat besar. Mulai dari zaman Kerajaan, zaman perjuangan kolonial, zaman perjuangan nasional, peristiwa sumpah pemuda, peristiwa Rengasdengklok, peristiwa tahun 1965 sampai peristiwa reformasi tahun 1998. Semua peristiwa sejarah itu, pemuda berperan sangat penting.
Pemuda dalam posisinya dalam Negara berperan sebagai agen perubahan, agen penerus dan agen pengganti.
  1. Sebagai Agen Perubahan, pemuda memiliki tanggung jawab untuk merubah keadaan menjadi lebih baik. Merubah kondisi negara yang kacau menjadi tertib. Merubah negara dari diktator menuju demokrasi yang dikehendaki rakyat. Kenapa pemuda mempunyai modal sebagai agen perubahan? Karena pemuda merupakan sesosok manusia yang penuh dengan cita – cita dan idealisme, memiliki keberanian, semangat tanpa putus asa. Inilah modal utama untuk melakukan perubahan. Baik dalam diri sendiri maupun dalam kehidupan bernegara.
  2. Sebagai agen Penerus, pemuda memiliki kewajiban untuk meneruskan apa yang telah di wariskan oleh generasi pendahulunya (tentunya dalam hal kebaikan). Dalam hal ini pemuda tidak kemudian kaku/ statis dengan apa yang telah diwariskan oleh generasi sebelumnya namun kreatifitas pemuda harus di optimalkan untuk melakukan sebuah pembaharuan, penyempurnan dan penyesuaian “ karena masing – masing generasi memiliki masa (waktu) dan gayanya masing – masing”.
  3. Sebagai Agen Pengganti, setiap masa memiliki generasinya dan itulah pemuda, para pemuda akan menggatikan generasi sebelumnya yang telah udzur, karena setiap kepemimpinan akan dipergilirkan dan itu adalah sunatullah. Dengan demikian pemikiran – pemikirannyapun masih lebih fresh, original yang dapat menyempurnakan dan ataupun menggantikan pemikiran – pemikiran yang sudah usang dimasa lalu.
Maka tidak salah kalau ada ungkapan "pemuda seakan tak pernah lekang dimakan zaman". Karena setiap peristiwa bersejarah, terutama di Indonesia, pemuda selalu tampil di depan. Pemuda memiliki energi dan semangat yang bergelora untuk melakukan sesuatu. Ini menjadi modal dalam setiap langkah pemuda. Pemuda tidak pernah takut akan resiko, siap menghadapi segala tantangan. Pemuda juga memiliki ketulusan dan kejujuran serta kesungguhan dalam kerja dan pengorbanan.
Mari Bangkit Pemuda! Kita sambut hari esok lebih baik dengan semangat perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar